Rabu, 08 Juni 2011

LAZISNU Adakan Rakornas

NU Jombang Online,
Bertempat di Hotel Bintang Kramat Jakarta, pada Sabtu dan Minggu (21-22/05/11) LAZISNU mengadakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas). Acara yang dibuka oleh Ra’is Syuriah PBNU KH. Masdar Farid Mas’udi di Aula lantai 8 kantor PBNU tersebut dihadiri oleh sekitar 60 utusan dari Pengurus Wilayah dan Pengurus Cabang seluruh Indonesia.

Dalam sambutan pembukaannya, Masdar mengatakan bahwa, LAZISNU LAZIS NU memiliki posisi yang sangat strategis dalam menjalin kehidupan dan keberlangsungan organisasi. Jika organisasi mengandalkan dana dari luar, nafasnya akan pendek karena orang luar tidak bisa diandalkan seterusnya, berbeda dengan warga sendiri.

Dia Juga mengatakan: “menurut fikih, pemberian zakat tidak boleh diberikan langsung, tetapi harus melalui amil. Aturan ini ada hikmahnya, yaitu menjaga kerahasiaan muzakki dan menghilangkan dominasi muzakki kepada mustahiq. Karena orang yang memberi itu cenderung mendominasi”.

Dalam Rakornas yang diadakan pertama kali ini, dibicarakan tentang upaya menuju penghimpunan, pendistribusian dan pelaporan LAZISNU secara nasional.

Di akhir Rakornas, peserta menyepakati beberapa hal antara lain: 1) Melakukan perencanaan strategis per Pengurus Wilayah, dengan format standar yang sama dan fasilitator dari PP LAZISNU; 2)Pembuatan software penghitung zakat dan; 3) Malakukan advokasi kelembagaan LAZISNU ke PBNU. (mus)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger