Senin, 17 Juni 2013

BMTNU Jombang Resmi Berdiri

NU Jombang Online, 

Setelah melalui persiapan teknis selama hampir 6 bulan, akhirnya Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Jombang sukses memfasilitasi berdirinya Baitul Maal Wa Tamwil Nahdlatul Ulama (BMTNU), yang secara resmi didirikan pada Minggu (31/03). Peresmian pendirian BMTNU Jombang yang akan beroperasi dengan prinsip-prsinsip koperasi tersebut dilakukan melalui Rapat Anggota Pertama yang diadakan di Aula PCNU Jombang. 

Hadir dalam pembukaan Rapat Anggota tersebut antara lain Rais Syuriah PCNU Jombang, KH Abd Nashir Fattah, Wakil Rais PCNU Jombang, KH M Irfan Soleh dan KH Mahrus, Wakil Ketua Tanfidziyah HM Munif Khusnan, Ir. H. Edy Labib Patriadin dan, Sekretaris PCNU, H. Muslimin Abdilla, serta sekitar 30-an calon anggota BMTNU Jombang yang terdiri dari pengurus NU dan guru-guru Maarif NU. 

Dalam sambutannya, HM Munif Khusnan, penanggungjawab LPPNU Jombang, berharap agar BMTNU yang didirikan ini bisa berjalan dengan baik. "Saya berharap BMTNU ini tidak seperti lembaga-lembaga ekonomi milik NU Jombang yang telah didirikan di masa lalu yang berhenti di tengah jalan", kata pria yang sekarang menjabat sebagai Sekretaris Daerah Pemkab Jombang itu. 

Setelah pembukaan yang berlangsung cukup singkat, kegiatan dilanjutkan dengan Rapat Anggota Pertama BMTNU Jombang. Alur pertama dalam Rapat Anggota itu adalah pemilihan pimpinan rapat. Dalam pemilihan tersebut peserta menyepakati Abdul Muhaimin sebagai pimpinan rapat dan Rusdiyah sebagai sekretaris rapat. Sebelum membahas Anggaran Dasar, pimpinan rapat menawarkan kepada seluruh peserta rapat, apakah bersepakat untuk mendirikan BMTNU atau tidak. 

Setelah mendapat persetujuan dari seluruh peserta rapat, akhirnya secara resmi pimpinan rapat mengetok palu sidang, menandai berdirinya BMTNU pada hari Minggu tanggal 31 Maret 2013 untuk waktu yang tidak ditentukan. 

Rapat selanjutnya membahas dan menyepakati Anggaran Dasar termasuk menyepakati besaran Simpanan Pokok (Simpo) dan Simpanan Wajib (Simwa). Simpo disepakati sebasar Rp. 500.000 dan Simwa sebasar Rp. 10.000. Di akhir acara, rapat tertinggi BMTNU Jombang tersebut juga memilih secara aklamasi H. Khoirul Anam S.Ag sebagai ketua pengurus BMTNU Jombang yang pertama untuk periode 2013-2016. (mus)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger