Senin, 18 April 2011

Distribusi LAZIS-NU Jombang: Modal Usaha Untuk Kelompok Perempuan

NU Jombang Online,

Bertempat di rumah salah seorang pengurus Muslimat NU Ranting Cangkring Ngrandu Perak Jombang, LAZIS-NU Cabang Jombang menyalurkan dana infaq, shodaqoh dan zakat untuk para mustahiq, Minggu (14/10). Kegiatan tersebut dilakukan bersamaan dengan kegiatan rutin kelompok pra koperasi Muslimat Ranting Cangkring Ngrandu kecamatan Perak Jombang.

Kegiatan distribusi tersebut dihadiri oleh segenap pengurus Ranting Muslimat NU Cangkring Ngrandu, tokoh masyarakat dan lembaga pendamping pengembangan manajemen sosial. Dalam sambutannya, Muslimin Abdilla, selaku pegurus LAZIS-NU Jombang mengatakan bahwa, dana yang didistribusikan kepada mustahiq di kelompok tersebut pada tahap awal ini diberikan kepada tiga orang mustahiq, seluruhnya berjumlah sebesar 3 juta rupiah. Selanjutnya jika dana bisa dikelola dengan baik, maka LAZIS-NU Jombang akan kembali mendistribusikan untuk mustahiq yang lain di wilayah tersebut.

“Kami dari LAZIS-NU Jombang berharap, dana yang kami kumpulkan dari para donatur di Jombang dan tidak seberapa besar tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik untuk memulai usaha atau menambahi modal usaha” kata pria yang biasa di panggil Cak Mus tersebut.

LAZIS-NU Jombang, sejak akhir tahun 2009 secara rutin giat melakukan distribusi kepada mustahiq produktif. Hal ini dilakukan karena distribusi untuk mustahiq produktif manfaatnya betul-betul bisa dirasakan, terutama untuk meningkatkan kesejahteraan mustahiq. Dana untuk mustahiq produktif digunakan untuk permodalan usaha produktif.

Menurut Cak Mus, dalam melakukan distribusi kepada mustahiq produktif, LAZIS-NU Jombang selalu bekerjasama dengan lembaga-lembaga, baik yang ada di bawah naungan Nahdlatul Ulama Cabang Jombang, maupun lembaga-lembaga lain yang selama ini melakukan kegiatan penguatan masyarakat.

Disamping melakukan distribusi untuk mustahiq produktif, LAZIS-NU Jombang juga menyalurkan dana untuk mustahiq konsumtif dan mustahiq peningkatan kapasitas. Dana untuk mustahiq konsumtif salah satunya adalah penyaluran bantuan untuk korban bencana alam, terutama dalam masa tanggap darurat (emergency response). Misalnya, sehari sebelum ini (13/10) LAZIS-NU Jombang bekerjasama dengan LP Ma’arif NU Jombang menyalurkan bantuan ke korban erupsi Gunung Merapi lewat PWNU Yogyakarta.

Sedangkan untuk mustahiq peningkatan kapasitas diberikan berupa bea siswa kepada santri atau siswa yang kurang mampu, dan kepada guru-guru di sekolah-sekolah atau TPQ, baik yang berada di lokasi-lokasi terpencil maupun guru-guru kurang mampu sekolah-sekolah di wilayah yang selama cukup terjangkau. (mus)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger