Senin, 18 April 2011

Halaqoh Menangkal Radikalisme

Menurut rencana, Minggu (05/12), PCNU Jombang akan menyelenggarakan Halaqoh Regional Keislaman Menjadi Muslim dan Muslimah Marhamah. Kegiatan ini sesuai dengan Kerangka Acuan yang disebar oleh panitia bertujuan untuk mempertemukan persepektif, baik yang mewakili kelompok moderat (liberal) maupun tradisional untuk bersama-sama mencari titik temu tentang muslim dan muslimah yang marhamah (yang penuh kasih sayang).

Dalam kegiatan ini nanti akan dihadiri oleh Ketua PWNU Jawa Timur KH. Mutawakkil Alallah, yang akan memberikan sambutan kunci di awal kegiatan halaqoh. Sedangkan sebagai pembicara akan hadir Ifdhal Kasim, SH dari Komnas HAM, KH. Hasyim Abbas dari PWNU Jawa Timur, Prof. Dr. Kacung Marijan dan Drs. Imam Azis dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama’.

Dalam Halaqoh yang akan dihadiri utusan dari kalangan akademisi, NGO, pesantren salaf dan para kiyai ini nanti akan dibicarakan dua tema besar, yaitu (1) Hak Asasi Manusia di Tengah Gelombang Radikalisme Agama dan, (2) Posisi NU dalam Memaknai Konsep Jihad.

Pada bahasan pertama tentang HAM dan radikalisme agama, akan berbicara Ifdal Kasim dan KH. Hasyim Abbas. Satu orang, yaitu Ifdal, mewakili kalangan yang selama ini aktif memperjuangkan tegaknya HAM di Indonesia dan, satu orang, kiyai Abbas, mewakili kalangan akademisi dan kiyai yang alim dalam kitab kuning.

Sedangkan dalam bahasan kedua, tentang Jihad menurut NU akan dibahas oleh dua orang narasumber yaitu Prof. Kacung Marijan dan Imam Azis, keduanya adalah Pengurus Besar Nahdaltul Ulama.

Setelah presentasi oleh narasumber dan tanya jawab dilakukan, para peserta kan mengkaji lebih dalam tentang materi tersebut yang selanjutnya akan dibukukan dan dijadikan pedoman bagi Nahdliyin khususnya dan umat Islam Indonesia umumnya ketika menghadapi persoalan yang ada kaitannya dengan dua tema diatas.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger