Senin, 18 April 2011

LAZISNU Jombang Fasilitasi pembentukan Koperasi Pedagang Kecil

Bertempat di salah satu ruang kelas di MTsN Tambakberas Jombang, pada Sabtu (13/03), pedagang kecil yang biasa berjualan di lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, terutama yang berada di lingkungan MTsN Tambakberas mengadakan pertemuan.

Dalam pertemuan yang difasilitasi oleh Pengurus LAZISNU Cabang Jombang tersebut, diikuti oleh 16 orang pedagang kecil. Ketua LAZISNU Jombang, Drs. H. Anshori Anwar dalam kata pengantarnya menyatakan bahwa, pertemuan tersebut ditujukan untuk, pertama, sebagai wahana silturrahmi. ”Karena bagai siapa saja yang ingin umurnya panjang dan rejekinya lapang, maka harus selalu melakukan silaturrahmi” Kata pak Anshori. Yang kedua, pertemuan tersebut ditujukan untuk menjawab persoalan-persoalan yang selama ini dirasakan oleh para pedagang kecil.

Dalam proses diskusi panjang yang didampingi oleh antara lain Ir. Edi Labib Patriadin tersebut para pedagang menemukan persoalan utama: masih lemahnya akses terhadap modal dan jeratan lembaga keuangan ’informal’ yang menarik bunga yang cukup tinggi. Untuk menjawab persoalan, diakhir pertemuan mereka menyepakati untuk mendirikan Koperasi Pedagang PPBU.

Dalam pertemuan mereka juga menyepakati tentang nama koperasinya, yaitu Koperasi Pedagang PPBU ”Barokah”. Setelah sepakat mendirikan koperasi, selanjutnya mereka secara langsung menyepakati besaran Simpanan Pokok (Simpo) dan Simpanan Wajib (Simwa) bagi anggota, dan dalam kesempatan itu juga dilakukan pemilihan pengurus koperasi, Terpilih sebagai ketua Ali Budiono, sekretaris Saifullah dan bendahara Solikhin.

”LAZISNU Jombang akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu berjalannya koperasi tersebut, baik dalam masalah pembukuan maupun dalam pengembangan manajemen dan keanggotaan, serta yang lebih penting dalam mengembangkan modal koperasi” kata Edi Labib.

Sebagaimana yang diinformasikan sebelumnya, LAZISNU Jombang sejak tahun 1999 mengembangkan program i’thoul mustahiq untuk mustahiq produktif. Dalam menjalankan program ini LAZISNU Jombang menggandeng organisasi-organisasi masyarakat terutama yang memiliki afiliasi ke Nahdlatul Ulama’, termasuk koperasi-koperasi yang dikelola kelompok masyarakat di wilayah Jombang. (mus)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger