Senin, 18 April 2011

LAZISNU Lumajang Study Banding dan Silaturrahim ke LAZSINU Jombang

Suasana belajar terlihat jelas, dimana sebagaian besar orang, yang mengikuti sambil duduk di belakang meja yang tertata melingkar oval, secara serius mendengarkan setiap pembicaraan yang diungkapkan secara bergilir. Suasana tersebut terjadi ketika rombongan dari Pengurus Cabang LAZISNU Lumajang mengadakan study banding dan silaturrahmi ke PCNU Jombang pada Ahad (10/04) kemarin.

Dalam acara yang dilaksanakan di aula PCNU Jombang dan dimulai tepat pukul 09.00 wib tersebut telihat Katib Syuriah PCNU Jombang KH Wazir Ali, Sekretrais PCNU KH Hamid Bishri, Bendahara PCNU H. Sa’dullah, Wakil Ketua PCNU Drs. H. Samsul Ma’arif, Ketua PC LAZISNU Jombang Drs. H. Anshori Anwar, Wakil Ketua PC Lazisnu Jombang Ir. Edy Labib Patriadin serta rombongan dari PC LAZISNU Lumajang yang berjumlah 14 orang dan dipimpin oleh Kerua PCNU Lumajang Drs. H. Fathurrahim.

Dalam sambutan awalnya, Drs. H. Fathurrahim, mewakili rombongan dari PC LAZISNU Lumajang mengatakan ”maksud kami datang ke PCNU Jombang ini adalah pertama-tama untuk silaturrahim, yang kedua untuk menimba ilmu ke PCNU Jombang khususnya ke LAZISNU Jombang tentang bagaimana mengelola lembaga LAZIS, karena kami mendengar LAZISNU Jombang sudah cukup maju dalam pengelolaannya”.

Sambutan dari Pak Rahim tersebut dilanjutkan dengan sharing pengalaman dari ketua LAZISNU Lumajang, M. Sofyan bahwa, dia selama ini sudah memulai menjalankan LAZISNU tetapi masih belum tertata dengan baik. ”Sebelum saya pegang, kondisi LAZIS di Lumajang la yamutu wa la yahya (tidak hidup tidak mati, red). Karena itu, kami memulai saja meskipun sama sekali tidak memiliki panduan” tambhanya.

Sedangkan dalam presentasi pembukanya, Drs. H. Anshori Anwar memberikan penjelasan tentang keberadaan LAZISNU Jombang bahwa, pengurus LAZISNU Jombang memulai dengan menganggap apa yang telah diberikan adalah amanah dari NU dan dalam menjalankan berpedoman pada ibda’ binafsik (mulailah dari diri kamu sendiri, red). ”Sama seperti yang disampaikan oleh LAZIS Lumajang, kami dulu ketika diberi amanah pertama-tama kami bingung dan berusaha mencari panduan kemana-mana, ke PC tidak ada sama sekali panduan, ke PWNU Jatim juga sama, bahkan kami berusaha cari ke PW Jateng, tetapi hasilnya juga sama. Akhirnya kami yakin dan berusaha berangkat dari diri kami sendiri” papar pria yang akrab disapa Abah Anshori tersebut.

Persentasi dilanjutkan oleh pengurus LAZISNU Jombang yang lain dengan menggunakan slide yang menggambarkan perjalanan LAZISNU Jombang mulai dari melakukan perencanaan strategis (strategic planning), membuat program (programming), sammapai upaya menjalankan program, yang selalu tidak mulus, tetapi terus berusaha untuk memperbaiki sesuai dengan rel hasil perencanaan.

Dalam acara yang berkahir pada pukul 13.00 wib tersebut, Katib Syuriah PCNU Jombang, KH. Wazir Ali juga memberikan motivasi sambil memberikan contoh ”Dalam Muktamar di Makasar, saya mendapatkan satu buku dari PWNU Yogyakarta, dalam buku tersebut dijelaskan tentang maksimalisasi kegiatan Lailatul Ijtima’, bagaimana kegiatan Lailatul Itjima’ dikemas secara khusus berupa pengajian bisnis yang menghadirkan orang-orang bisnis yang awam masalah agama. Dalam pengajian tersebut dibahas tentang materi akhlak, tasawuf dan masalah sosial untuk memberikan motivasi kepada mereka untuk membantu yang lain. Peserta pengajian tersebut selanjutnya bisa menularkan kepada kalangan bisnis yang lain dalam lingkup yang lebih kecil. Dari sini kemudian LAZISNU bisa menindaklanjuti”. (mus)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger